About

Selasa, 07 Agustus 2012

Gaya dan Gerak


Kali ini saya akan membahas tentang apa yang namanya gaya dan gerak dalam fisika. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak. Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan satuan gaya dinyatakan dalam satuan Newton yang biasa ditulis dengan huruf N. Kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.


               
Gaya memiliki beberapa jenis atau macamnya, diantaranya gaya magnet, gaya listrik statis, gaya otot, gaya gravitasi bumi, gaya pegas dan gaya gesek.

1. Gaya  Magnet adalah gaya tarik menarik atau tolak menolak yang timbul akibat dua benda yang bersifat magnet saling berinteraksi. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan selatan. Bentuk magnet beragam ada yang berbentuk jarum, ada yang berbentuk huruf “U”, berbentuk silinder, berbentuk lingkaran dan ada yang berbentuk batang.


2. Gaya Listrik adalah gaya tarik menarik atau tolak menolak yang timbul akibat dua benda bermuatan listrik. Kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik untuk menarik benda-benda disekitarnya.


3. Gaya Otot adalah daya yang langsung ditimbulkan oleh manusia,  misalnya menarik, mendorong, mengangkat atau menahan suatu benda. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang senam di sekolah.


4. Gaya Gravitasi Bumi adalah resultan gaya tarik bumi dan gaya sentrifugal yang bekerja pada suatu benda. Arah gaya berat selalu menuju pusat bumi. Bila kita melempar benda ke atas, baik dari kertas, pensil atau benda lain maka semua benda itu akan jatuh ke bawah. Berbeda bila di luar angkasa para astronot tidak merasakan gaya gravitasi, akibatnya mereka akan melayang-layang bila berada di luar angkasa.



5. Gaya Pegas adalah gaya lenting pulih yaitu gaya untuk kembali ke keadaan semula. Gaya ini ditimbulkan oleh benda lentur yang mengalami pemampatan maupun perenggangan. Benda-benda yang memiliki gaya pegas misalnya per, busur panah, dan karet.


6. Gaya Gesek adalah gaya yang terjadi karena adanya pergesekkan dua permukaan. Gaya gesek bisa menguntungkan dan merugikan. Bila kita berjalan di jalan yang kering, antara sepatu dan jalan akan muncul gaya gesek. Gaya gesek ini membantu kita untuk bisa berjalan. Bayangkan bila jalanan licin, maka gaya geseknya akan kecil dan kita akan kesulitan untuk berjalan.


Gerak merupakan perpindahan posisi benda dari tempat asalnya karena adanya gaya. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. Macam-macam gerak yaitu :

1. Gerak Semu atau Relatif
Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).
Contoh :
- Benda-benda yang ada diluar mobil kita, saat kita melihatnya seolah benda-benda tersebut bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak dan benda tersebut hanya diam.
- Bumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.
2. Gerak Ganda
Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.
Contoh :
Seorang bocah kecil yang kurus dan dekil melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaia listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu :
- Gerak terhadap kereta krl
- Gerak terhadap bocah kecil yang kurus dan dekil
- Gerak terhadap tanah / bumi

3. Gerak Lurus
Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
a. Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil.
Misal :
- Kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus
- Mobil di jalan tol dengan kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya.
b. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Misalnya :
- Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap ke lantai
- Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti




Sumber :
http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2111587-pengertian-gaya/#ixzz1qzbQPKCY
http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2111587-pengertian-gaya/#ixzz1qzQtbXz3
http://e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=176&uniq=801
http://organisasi.org/pengertian_gerak_serta_macam_jenis_gerak_semu_relatif_ganda_dan_lurus_belajar_online_internet_gratis_ilmu_science_fisika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar