About

Monday, 6 April 2015

Mengembalikan Folder/File Yang Tersembunyi (Hidden) Oleh Virus Pada Flashdisk / MMC / SD Card

Kadang-kada kita suka kesel ketika mau meng-copy suatu file/folder ke Flashdisk tapi ternyata flasdisk penuh sehingga file tidak bisa di-copy padahal yang kita lihat pada flashdisk hanya ada beberapa folder/file yang berukuran kecil.

Biasanya orang akan melakukan format pada flashdisk agar flashdisk kosong kembali, tapi kalau ternyata kita punya folder/file yang pernah kita simpan pada flashdisk tapi ternyata hilang bagaimana?
Jangan panik dulu, biasanya jika terjadi masalah seperti ini (Flashdisk penuh tapi padahal File hanya sedikit yang terliat) file/folder yang kita simpan pada folder di-Hidden atau disembunyikan oleh virus atau oleh anti-virus.
Kita bisa cek, apakah ada folder/file yang tersembunyi atau tidak dengan klik kanan pada Drive: atau flashdisk kemudian pilih “properties” di situ akan terlihat kapasitas flashdisk yang digunakan dan sisa ruang yang tersedia. kemudian cek properties setiap folder/file yang terlihat untuk mengetahui ukurannya, jika ukuran file/folder ternyata tidak sebesar yang ditampilkan pada properties flashdisk maka kemungkinan besar ada file/folder yang tersembunyi.
Untuk menampilkan file/folder tersembunyi tersebut caranya mudah
  1. Buka Comand Promp / Comand Line / CMD pada komputer dengan cara tekan “Logo Windows + R” kemudian dalam kotak run, tuliskanlah CMD
  2. Pada jendela CMD, ketikkan nama drive flashdisk diikuti dengan tanda “titik dua” contohnya: jika drive flashdisk anda F maka anda ketikkan F: lalu tekan enter.
  3. Kemudian ketikkan “attrib –s –h –r /s /d” (tanpa tanda petik) dan tekan enter, tunggu beberapa detik.
Keterangan:
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
/s = sub directory
/d = directory
Mudah kan, semoga bermanfaat, selamat mencoba

No comments :

Post a Comment