About

Sunday, 15 November 2015

Cara Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android



Bagi pengguna smartphone Android seringkali kita mendapati aplikasi-aplikasi yang kita instal didalam perangkat secara otomatis mengunduh versi update-nya. Padahal kita sebagai penggunanya tak pernah memberikan setingan khusus tersebut.

Memang sih, update aplikasi tersebut pastinya menguntungkan dimana aplikasi kita menjadi versi terbaru, yang tentu saja telah mengalami peningkatan fitur, performa dan bahkan juga telah menambah celah-celah bugs yang ada. Masalahnya adalah, update otomatis tersebut seringkali mengkonsumsi banyak data internet, hingga pastinya menyedot dan mengurangi kuota internet yang kita pakai.

Kalau kapasitas file updatenya kecil kita pun tak akan menyoalnya. Tapi kalau update-nya membutuhkan angka puluhan megabyte (MB) pastilah kita bakal jadi mikir-mikir, bakal mengeluarkan kocek lebih besar untuk membeli kuota internet lagi. Sebagai contoh update aplikasi game.

Update otomatis di Android pun terkadang mengganggu pekerjaan kita. Misal saat kita browsing sesuatu yang penting, lantas tiba-tiba ada aplikasi yang melakukan update maka langsung saja akses browsing kita menjadi lambat.

Ternyata kita bisa menyiasatinya lho. Di perangkat Android ada setingan untuk mematikan kemampuan update otomatis dari aplikasi-aplikasi yang terinstal di dalam perangkat. Bahkan kita pun bisa mengaturnya, untuk aplikasi update hanya jika perangkat menggunakan jalur akses WiFi. Alhasil, kita pun tak akan tekor di sisi kuota data.


Mau tahu caranya, silakan simak langkah-langkah berikut:
1. Buka aplikasi Google Play >>> Settings.





2. Pilih Auto Update Apps. 


"untuk yang di centang itu hanya notif. jadi terserah user bisa dipilih atau tidak"
3. Di sini Anda bisa pilih untuk mematikan auto update secara total.



Selesai (9^_^)9

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

1 comment :